Jumat, 20 Desember 2013

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN KOMPUTER

Suatu organisasi terdiri atas sejumlah unsur, yaitu orang-orang yang mempunyai bermacam-macam peran dalam organisasi, kegiatan atau tugas yang harus diselesaikan, tempat kerja atau tempat fisik pekerjaan dan wewenang serta hubungan komunikasi yang mengikat bersama organisasi, selama kehidupan awal organisasi, mungkin unsur yang paling penting adalah pengusaha dan suatu ide atau gagasan, kebutuhan akan SIM formal berkembang menjadi organisasi permulaan dan tumbuh menjadi sistem unsur yang saling berhubungan dengan yang lebih besar.
Komputer didalam SIM sebagai suatu perlengakapan elektronik yang mengolah data, mampu menerima masukan dan keluaran, memiliki kecepatan yang tinggi, ketelian yang tinggi, dan mampu menyiapkan instruksi-instruksi untuk memecahkan masalah.
Sistem pengolahan data elektronik (EDP) menjadi semakin populer sejalan dengan meningkatnya penggunaan komputer diberbagai bidang masalah dan ilmu pengetahuan. Sistem kerja komputer pada hakekatnya sinkron dengan berlangsungnya SIM, yang meliputi kegiatan seperti pengumpulan data, pengolahan data, dan penyajian informasi hasil pengolahan, kegiatan tersebut dilakuakan secara berulang-ulang yang dinamakan data processiing yang membentuk suatu pola pemrosesan data yang umum.
A.  Pegertian Komputer
Komputer mempunyai peran yang penting dalam pengolahan informasi, baik ekternal maupun internal bagi suatu organisasi. Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda untuk orang yang berbeda, istilah komputer diambil dari bahasa  latin “COMPUTARE” yang artinya menghitung.
Berikut akan diuraikan definisi komputer menurut para ahli :
Robert H Blissmer dalam bukunya “computer annual” mendefinisikan komputer: komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakuakan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input, memproses input, sesuai dengan programnya, menyimpan perintah dan hasil pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
V.C Hamacher dkk dalam buku “computer orgazation” mendefinisikan komputer:  komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan dimemori (stored program) dan menghasilkan output informasi.
Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat menerima data input, mengolah data tersebut dengan menggunakan suatu data yang tersimpan di memori komputer, dan dapat menyimpan program dan hasil pengolahannya serta bekerja secara otomatis. Sedangkan yang dimaksud dengan program adalah kumpulan intruksi atau perintah yang rinci dan sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah tertentu.
B. Manfaat Penggunaan Komputer Didalam SIM
Dengan semakin berkembangnya komputer dalam menangani berbagai masalah kehidupan, perlu kiranya ditinjau manfaat apa yang didapat dari penggunaan komputer dalam SIM dibandingkan dengan investasi yang kita lakukan dalam pengadaan komputer tersebut.
Penggunaan komputer dalam SIM baru dikatakan efektif dan efisien jika:
·      Volume data yang diolah dalam jumlah yang besar
·      Pengolahan data memerlukan perhitungan yang rumit
·      Pengolahan data atau pekerjaan yang berulang-ulang
·      Memerlukan proses pengolahan yang cepat
·      Memerlukan file yang baik sehingga mudah menemukan kembali data-data yang diperlukan
·      Memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi
Nilai informasi yang dihasilkan dari penggunaan komputer dalam SIM memang sulit untuk dihitung dengan uang. Akan tetapi, hal tersebut kiranya dapat membantu menetapkan perkiraan nilai tersebut, yaitu:
·      Availability (dapat diperoleh)
·      Timelines (ketepatan waktu)
·      Accuracy ( ketelitian)
·      Completeness (kelengkapan)
·      Presentation (penyajian)

C . Manusia Sebagai Pengolah Informasi
Persoalan-persoalan banyak ditemui oleh manusia yang memerlukan alat bantu komputer baik dalam bidang “ business admistration” maupun dalam bidang “public admistrtation” antara lain adalah bidang perbankan ,keuangan accuoting, pengajian, kepagawaian, asuransi, dll.
Disini perencanaan SIM cenderung mengikat erat mengambil keputusan pada sistem pengolahan data dan fungsi  kerja administrasi dilaksanakan secara tertentu berdasarkan persyaratan tertentu, manusia adalah elemen penting dalam sistem pengolahan informasi, pemahaman kemampuan manusia sebagai pengolah informasi akan menguraikan sebuah model umum tentang manusia sebagai pengolah informasi.
Sistem  pengolahan bekerja lebih secara serial dari pada paralel ini berarti bahwa manusia hanya dapat melaksanakan satu tugas pengolahan informasi pada saat yang bersamaan.

D. Metode Pengolah Data
Pengolahan data adalah suatu proses menerima data sebagai masukan (input), memproses (procesing) menggunakan program tertentu, dan mengeluarkan hasil proses data tersebut dalam bentuk informasi (out put).
Adapun mengenai metode pengolahan yang akan dibahas sebagai berikut :
a. Metode batch procesing
b. Metode online processing

Metode pengolahan data tersebut memiliki  bentuk keunggulan sebagai berikut :
· Keunggulan metode pengolahan data batch processing.
-          Lebih efesien.
-          Data transaksi lebih mudah dikoreksi bila terjadi kesalahan, Sebelum dilakukan proses mutahirkan file induk.
-          Program lebih mudah dibuat.

· Keunggulan metode pengolahan data online processing
-          File induk selalu dalam mutahir sehingga informasi tersedia setiap saat.
-          Urutan-urutan pemprosesan yang rumit tidak diperlukan karena dapat terdiri dari sebuah proses saja.
-          Umumnya menggunakan media penyimpanan magnetic disk sehingga data dapat dengan cepat dan mudah dilakukan.

E. Sistem Informasi Manajemen Publik
Oarganisasi publik sebagai fokus dalam ilmu adsministrasi Negara selalu mengaitkan segala sumber daya dalam mencapai tujuannya. Salah satu data yang cukup penting adalah informasi, bahkan menutrut Robert Murdick informasi ini dianalogikan sebagai darah dalam organisasi.
Dalam usaha membuat framework SIM, pertama-tama yang akan  dilihat dalam penulisan ini adalah permasalahan  yang dihadapi dalam SIM. Seterusnya dirumuskan secara tesis untuk mefokuskan padangan penulisan sehingga framework yang diingikan benar-benar terwujud.
Adapun komponen-kompenen informasi manajemen publik adalah :
-          Sistem informal meliputi sistem diskrusus dan interaksi antar individu dan kelompok  kerja organisasi.
-          Sistem formal meliputi sistem aturan, batasan organisasi, dan batasan wewenang.
-          Sistem komputer  formal meliputi aktifitas opraganisasi melalui formalisasi dan  pemograman.
-          Sistem  computer informal dikaitkan dengan penaganan computer secara personal dan menggunakan sistem informal serta jaringan computer sebagai sarana penyatu informasi yang tidak terstruktur dan informasi  informal.

-          Sistem eksternal, formal, dan informal tidak ada organisasi yang hidup dalam isolasi dan keterkaitan antara organisasi dengan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar