Senin, 24 Maret 2014

RANGKUMAN MATERI PERTEMUAN 1

PENGGABUNGAN BADAN USAHA DAN KONTRIBUSI RELATIF PERUSAHAAN YANG BERGABUNG

A.    PENGGABUNGAN USAHA
Penggabungan atau kombinasi badan usaha adalah usaha pengembangan atau perluasan perusahaan dengan cara menyatukan perusahaan dengan satu atau lebih perusahaan lain menjadi satu kesatuan ekonomi.

·      MANFAAT DAN TUJUAN PENGGABUNGAN USAHA
»        Investasi yang menguntungkan
»        Memperluas pemasaran
»        Meningkatkan volume penjualan
»        Mengumpulkan modal yang lebih besar
»        Mengurangi persaingan dengan perusahaan sejenis
»        Penghematan biaya yang lebih ekonomis dan efisien

·        BENTUK PENGGABUNGAN USAHA
»     Merger Statutory / Merger : Penggabungan beberapa badan usaha dengan jalan meleburkan diri menjadi satu perusahaan baru. Contoh : penggabungan stasiun tv RCTI dengan MNC.
»  Consolidation Statutory / Konsolidasi : Penggabungan usaha di mana kedua perusahaan yang bergabung dibubarkan lalu aktiva dan kewajiban dari perusahaan perusahaan tersebut dipindahkan ke perusahaan yang baru dibentuk.
»  Afiliasi : penggabungan usaha dimana salah satu perusahaan menguasai saham perusahaan lain lebih dari 50% namun semua perusahaan yang bergabung tetap berdiri sendiri. Perusahaan yang membeli disebut perusahaan induk dan perusahaan-perusahaan yang dibeli disebut perusahaan anak.

B.    Kontribusi Relatif Perusahaan - Perusahaan yang Bergabung
Ada dua cara pendekatan jika suatu perusahaan yang baru digabung akan mengeluarkan saham sebagai alat pembayarannya yaitu:
»     Pendekatan 1: Kontribusi Relatif dari Kekayaan Bersih
  Untuk menentukan kontribusi relative dari kekayaan bersih dilakukan dengan menyusun laporan keuangan dari masing-masing pihak atas dasar harga pasar atau harga yang disetujui oleh semua pihak. Kemudian tiap pos dari laporan harus dipriksa atau dianalisis secara khusus supaya dapat diperbandingkan serta sesuai dengan prinsip akuntansi.
  Setelah laporan keuangan yang telah disusun sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi maka selanjutnya akan diadakan penilaian kembali semua harta kekayaan perusahaan sesuai harga yang berlaku pada saat itu, untuk menentukan besarnya kekayaan bersih relative akan diserahkan kepada perusahaan yang baru dibentuk.
»     Pendekatan 2 : Kontribusi Relatif dari Laba yang Diproyeksikan
   Untuk menentukan besarnya kontribusi relatif rata-rata keuntungan dilakukan dengan cara menyusun laporan laba/rugi dari perusahaan yang bergabung sesuai dengan akuntansi yang lazim seperti pada neraca jika ada yang menyimpang maka diperlukan penyesuaiannya. Lalu langkah selanjutnya adalah membuat proyeksi laba/rugi dari masing-masing perusahaan, proyeksi tersebut sudah harus didasarkan pada data yang telah direvisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar