Senin, 31 Maret 2014

RANGKUMAN MATERI PERTEMUAN 2

KONSEP AKUNTANSI DARI PENGGABUNGAN USAHA DAN AKUNTANSI UNTUK INVESTASI DALAM SAHAM

Metode akuntansi yang digunakan dalam penggabungan usaha :

1. Metode Penyatuan Kepemilikan (Pooling Of Interest Method) : Suatu metode penggabungan usaha dimana masing-masing perusahaan yang bergabung memiliki aktiva dan kewajiban, itu semua menjadi  satu kesatuan dan secara relatif tetap tidak berubah pada entitas akuntansi yang baru.
Contoh: Dua perusahaan bergabung lalu perusahaan yang bergabung tersebut membentuk perusahaan baru dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan yang baru tsb.

2. Metode Pembelian (Purchase Method) : Suatu metode penggabungan usaha dimana berupa transaksi yang salah satu entitas memperoleh aktiva bersih dari perusahaan-perusahaan lain yang bergabung.
Contoh : Dua perusahaan bergabung lalu perusahaan yang bergabung tersebut membentuk perusahaan baru setelah membentuk perusahaan yang baru salah satu perusahaan tidak ikut berpartisipasi pada perusahaan yang baru tsb.

Akuntansi Dalam Saham

Investasi dalam saham adalah suatu perusahaan menanamkan atau memiliki saham di perusahaan lain. Jika suatu perusahaan memiliki kepemilikan saham lebih dari sama dengan 50% maka perusahaan tersebut memiliki pengendali terhadap perusahaan tersebut yakni pengendali terhadap laporan keuangan konsolidasi.

Metode-metode penilaian investasi:
1. Metode Biaya : Kepemilikan saham kurang dari 20%. Dalam metode ini investasi dicatat sebesar biaya perolehan.
2. Metode ekuitas: Kepemilikan saham antara 20%-50%. Dalam metode ini investasi awal dicatat sebesar biaya perolehan dan ditambah atau dikurang sebesar laba atau rugi.
3. Metode Nilai Bersih Yang Dapat Direalisasikan : Kepemilikan saham yang akan dilepas / dijual dalam jangka waktu dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar