Senin, 07 April 2014

Laporan Keuangan Konsolidasi

Laporan keuangan konsolidasi adalah laporan keuangan yang menyajikan posisi keuangan dari hasil operasi  sebuah grup perusahaan yang terdiri dari induk perusahaan dan anak perusahaan yang seolah-olah sebagai satu perusahaan.
Tujuan dibuat Laporan Keuangan Konsolidasi  yaitu memberikan gambaran yang obyektif dan sesuai atas keseluruhan posisi dan aktivitas dari suatu perusahaan. Tidak boleh menyesatkan pihak-pihak yang berkepentingan dan harus didasarkan pada substansi atas peristiwa ekonomi.
Manfaat dibuat Laporan Keuangan Konsolidasi  :
·         Untuk kepentingan jangka panjang, efek anak perusahaan terhadap induk
·    Memberikan informasi terkini bagi manajemen induk perusahaan tehadap kinerja anak perusahaan
·         Kepentingan informasi pihak luar     
Metode yang digunakan dalam pembuatan Laporan Keuangan Konsolidasi :
1. Konsolidasi dengan Metode Ekuitas ( Equity Method) : Induk perusahaan dan anak perusahaan merupakan bagian-bagian dari satu kesatuan usaha. Karenanya perubahan-perubahan yang terjadi didalam hak-hak pemegang saham pada anak perusahaan harus diakui dan dicatat oleh induk perusahaan, untuk dapat mengikuti dan melaporkan posisi keuangan dan perkembangan usahanya secara lengkap.
2. Konsolidasi dengan Metode Biaya (Cost Method) : Hanya mencatat atau diakui sbg pendapatan jika perusahaan anak membagikan deviden ke perusahaan induk. Sedangkan rugi atau laba pada perusahaan anak tidak dicatat.
Prosedur dalam pembuatan laporan keuangan konsolidasi :
·         Mengeliminasi rekening nilai jurnal timbal balik yang dicatat oleh kedua pihak pada suatu transaksi yang sama
·         Menyusun kertas kerja untuk laporan keuangan


1 komentar: